Tuesday 25 November 2014

Hubungan Simbiosis Mutualisme Giggs-Van Gaal


Ryan Giggs gantung sepatu 19 Mei lalu, setelah itu ia melanjutkan kariernya sebagai pelatih sepakbola. Pria Wales itu pun memulainya sebagai asisten pelatih Manchester United di dua periode, yakni bersama David Moyes dan kini Louis van Gaal. http://www.gweblog.jp/cntb.php?id=494&u=http://seputarikan.com/2014/05/budidaya-ikan-lele-di-kolam-terpal.html


Bahkan musim lalu ia sempat mencicipi jabatan manajer interim United, setelah manajemen memecat Moyes di jelang akhir musim 2013-2014. Dan setelah beberapa bulan musim ini menjadi asisten pelatih Van Gaal, ia mengaku banyak belajar dari manajer berjuluk Si Tulip Besi itu.


Pun begitu Van Gaal. Hubungan keduanya bak simbiosis mutualisme, karena keduanya dapat bertukar informasi yang menguntungkan. Van Gaal dengan segudang pengalamannya melatih klub-klub besar Eropa, dan Giggs yang paham betul kultur The Red Devils karena merupakan legenda klub sejak tahun 1990.


“Hubungan kami baik. Ia sangat baik kepada saya dan ia memberikan saya banyak tanggung jawab. Ia tidak mengenal saya sebelum saya bertemu dengannya dan pramusim sangat membantu karena Anda bersama selama tiga pekan dan Anda kenal satu sama lain,” terang Giggs kepada Daily Mail, Selasa (25/11/2014).


“Cukup cepat bagaimana perkenalan terjadi, tak hanya bagi manajer, tapi juga seluruh staff. Saya mengenal klub, saya tahu kulturnya dan saya mencoba membantu manajer dengah hal tersebut. Tapi jelas ia orang yang berpengalaman dan ia pernah menangani berbagai klub,” lanjutnya.


“Kami mencoba dan belajar sebisa mungkin satu sama lain. Saya tahu beberapa pemain lawan yang kami lawan karena saya bermain melawan mereka. Kami hanya membantu sama lain, tapi dialah manajernya dan ia yang membuat keputusan. Saya mencoba banyak belajar darinya,” tuntas mantan pesepakbola berkaki kidal itu. http://www.pillowandpill.com/bmpp/visit.phpurl=http://seputarikan.com/2014/05/budidaya-ikan-nila.html



 



Hubungan Simbiosis Mutualisme Giggs-Van Gaal

No comments:

Post a Comment