Thursday 20 November 2014

Candi Gua Suci, Rumahnya Kelelawar Bali

CANDI gua suci merupakan rumah ribuan kelelawar. Candi ini merupakan salah satu dari sembilan candi suci yang ada di Pulau Dewata, Bali.


http://advenbbs.net/jump/?http://seputarikan.com/2014/05/budidaya-ikan-lele-di-kolam-terpal.html

Dikenal sebagai Pura Goa Lawah, candi ini terkenal karena merupakan rumah bagi ribuan kelelawar. Namun legenda lain mengatakan di dalam candi ini terdapat sungai yang berisikan air suci dimana di dalamnya ada ular titanic raksasa menggunakan mahkota, atau dikenal dengan raja ular.


Diyakini telah tercipta sejak 1007 oleh seorang santo Indonesia, struktur candi kuno yang dibangun di sekitar pintu masuk gua masih melayani doa para umat setiap harinya. Goa Lawah sendiri diambil dari kata Goa yang berarti Gua dan Lawah yang berarti Kelelawar. Karena di atas langit-langit gua ini menggantung ribuan kelelawar.


http://advisor.wmtransfer.com/SiteDetails.aspx?url=seputarikan.com/2014/05/budidaya-ikan-lele-di-kolam-terpal.html

Saat ini, gua bukan berfungsi sebagai rumah ibadah, namun seiring berjalannya waktu, gua ini dikunjungi berbagai wisatawan dunia maupun lokal, baik dari agama Hindu ataupun bukan, mereka merasa gua ini bukan sekadar tempat pemujaan doa, melainkan sebuah situs agama yang patut dikunjungi.


Selain itu, Pura Goa Lawah menjadi tuan rumah festival tahunan di mana jamaah yang saleh dari seluruh dunia datang berdoa di depan mulut gua kelelawar, seperti dilansir Atlasobscura, Minggu (28/9/2014).



Candi Gua Suci, Rumahnya Kelelawar Bali

No comments:

Post a Comment